Senin-Jumat 08.00-20.00 , Sabtu- Minggu 09.00-16.00
Beranda » Artikel » Review Hardware » Bijaksana dalam menggunakan battery laptop

Bijaksana dalam menggunakan battery laptop

Ditambahkan pada: 5 November 2012 / Kategori: ,
Bijaksana dalam menggunakan battery laptop
Kode : -
Stok :
Dilihat : 940 kali
Review : Belum ada review
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang Bijaksana dalam menggunakan battery laptop kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi Bijaksana dalam menggunakan battery laptop

Mungkin temen-temen mxkomputer disini ada yang percaya mitos bahwa “meditasi yang sempurna akan membuat seorang kesatria menjadi sakti mandraguna” Plis deh, jangan di applikasikan untuk battery laptop. Client yang membeli laptop di toko komputer kami, banyak yang bertanya terkait tentang mencharge battery, “idealnya berapa lama mas?” Untuk jawab pertanyaan ini, mungkin baiknya coba baca pelan-pelan artikel dibawah.

  1. Ketahui Dulu jenis Battery dan penyusunnya.

    NiCd-Battery Structure – Google.com

    Menurut Radius Arianto, ST., salah seorang penulis aktif blog kimia chemrad.blogspot.com mengatakan bahwa tiap battery / sel volta, memiliki karakter tersendiri yang berbeda. Sedangkan untuk battery laptop, ada dua jenis yang umum ditemui sebagai bahan pembentuknya, yaitu Nickel-Cadmium Based (NiCd) battery ion dan   Litthium Cell Ion (Li-Ion). Nickel Cadmium lebih mirip seperti Aki pada kendaraan kita, sehingga menggunakan Sel Volta Asam sebagai kation dan anion exchangernya. Sel ini cenderung tidak ramah lingkungan, dikarenakan setiap ada kebocoran, ia akan mengeluarkan cairan asam sulfat yang mampu merusak komponen elektronik. Elektrolit-elektrolit yang ada didalam Battery NiCd akan berkumpul di bawah (di dasar) karena pengaruh gravitasi, ketika disimpan terlalu lama (disimpan di gudang). Itulah kenapa pada saat membeli battery NiCd baru, sangat disarankan untuk men-charge minimal selama 8 jam (optimalnya 16 – 24 jam) sebelum digunakan pertama kali.

    Lithium Ion Battery Structure – source. google.com

    Sedangkan Lithium-Ion,  jika kita bongkar dari battery jenis ini akan tampak serangkaian battery kecil yang disebut sebagai Cell, nah cell ini yang akan mempengaruhi kekuatan dan berat dari sebuah laptop / notebook atau netbook. Semakin banyak cell nya, semakin tahan lama battery ini, dan semakin berat juga tentunya. Sekarang ini, battery laptop sudah menggunakan lithium ion batter karena lebih ramah lingkungan.

  2. Karakter Plug dan Unplug Charger
    Pemilihan memberikan energi listrik (mencolokan ke sumber arus.red) sebenarnya tidak masalah untuk battery dengan Lithium Ion sebagai penyusunnya. Hal yang sebaliknya sangat buruk terjadi pada battery dengan Nickel Cadmium. pertukaran ion (ion exchange) sangat cepat terjadi antara dua sel galvani dan kereaktivan nickel. Sehingga jika battery ini di aliri energi listrik terus-menerus, akan mengakibatkan penggembungan pada battery dan mengeluarkan cairan, yang berakhir pada kerusakan.
    Cukup isi 40% energi pada battery, untuk menghemat umur Ion dan Katode. Lebih baik sering mencarge dan melepas dari pada sering mencarge tapi lupa melepas saat battery sudah penuh. Battery yang di charge penuh juga cenderung akan membunuh battery dengan cepat. Walaupun pada akhirnya semua battery akan mengalami hal yang sama, namun mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan ?
  3. Perhatikan suhu sistem
    Dalam artikel yang ia buat mengenai “Energi Sel Volta” radius juga menyebutkan bahwa Suhu akan mempengaruhi reaktivitas suatu sel atau atom dalam melepaskan atau menangkap ion. Untuk penggunaan Laptop diatas suhu normal (berkisar antara 25 C – 37 C) akan memberikan dampak yang signifikan dalam pengurangan daya pada laptop. Patikan anda bekerja di daerah yang memenuhi kondisi suhu ideal. Jangan letakan Laptop atau battery anda didalam mobil yang terparkir dan terpapar cahaya matahari dengan sinar yang terik.
  4. Pakai berkala
    Jangan keseringan dilepas dari laptop, battery Lithiium Ion juga perlu digunakan secara berkala. Oleh karena itu, seminggu sekali setidaknya dibutuhkan penggunaan wajar battery (sekitar 2 jam). Hal ini akan membuat energetika sel atau pergerakan sel volta lincah dan mengurangi pengurangan masa pakai battery.

Customer review dinonaktifkan: Bijaksana dalam menggunakan battery laptop

Maaf, form customer review dinonaktifkan untuk produk ini

Produk Terkait Bijaksana dalam menggunakan battery laptop

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami.

Rp 65.000
Ready Stock
Kode: STAND LAPT 1
Rp 265.000
Ready Stock
Kode: CS SIM BG148
Rp 390.000
Ready Stock
Kode: CS SIM BG10
Kategori Produk
Kontak
Daftar Harga